Macam Macam Antena Jaringan Internet Beserta Fungsinya

antena jaringan beserta fungsinya

Menurut wikipedia antena adalah sebuah antarmuka antara gelombang radio yang merambat melalui ruang dan arus listrik yang bergerak dalam konduktor logam, dan digunakan dengan pemancar atau penerima. Namun pada umunya antena merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengirim atau menerima sebuah sinyal elektromagnetik.

Tapi di artikel ini saya akan membahas macam-macam jenis antena jaringan internet yang sering digunakan dalam praktek jaringan komputer beserta fungsi-fungsinya.

Ada beberapa karakter antena yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jenis antena dalam pengapliasinya, yaitu pola radiasi, directivity, gain dan polarisasi.
  • Pola Radiasi antena adalah plot 3 dimensi distribusi sinyal yang dipancarkan oleh sebuah antena, atau plot 3 dimensi tingkat penerimaan sinyal yang diterima oleh sebuah antena.
  • Gain adalah karakter antena yang terkait denagan kemampuan antena mengarahkan radiasi sinyalnya, atau penerimaan sinyal dari arah tertentu.
  • Polarisasi didefinisikan sebagai arah rambat dari medan listrik.

Jenis antena jaringan
1. Antena Grid
antena grid
Antena grid adalah antena yang bergrain tinggi yang digunakan untuk komunikasi radio, televisi dan juga untuk radar, pada bagian UHF dan SHF parts dari spektrum gelombang elektromagnetik.
Bentuk antena ini seperti jaring dan merupakan antena jaringan yang populer, dengan directional yang memiliki polarisasi arah tertentu atau cuma satu arah saja.

Biasanya antena ini banyak digunakan untuk melakukan koneksi jarak jauh antar satu radio dengan radio lainnya dengan teknologi P2P (point to point) dimana pemancar dan penerima juga menggunakan antena grid.

Nama Frekuensi Arah Pancaran Gain
Grid 2,4 Ghz dan 5,8 Ghz Satu Arah 27 dBi

2. Antena Omni
antena omni
Bentuknya seperti tongkat yaitu kecil dan panjang, namun walaupun kecil antena ini cukup luas area jangkauannya serta memiliki pancaran sinyal 360 derajat tegak lurus keatas atau menyebar kesemua arah membentuk suatu lingkaran.

Funsi antena ini adalah melayani coverage area yang luas namun dalam jangkauan pendek. Biasanya banyak digunakan untuk wifi corner atau isp yang menyediakan voucher wifi atau hotspot, karena sifatnya P2MP (point to multi point).

Nama Frekuensi Arah Pancaran Gain
Omni 2,4 Ghz dan 5,8 Ghz Semua Arah 3-13 dBi

3. Antena Yagi
antena yagi
Antena ini memiliki polarisasi searah sehingga harus diarahkan ke antena pemancar dari tempat lain dan cocok digunakan dari sisi client. DIbagian belakang berfungsi sebagai pemantul sinyal dengan panjang fisik melebihi panjang daripada driven.
  • Driven : Titik catu dari kabel antena, panjang fisik driven setengah gelombang yang dipancarkan atau diterima.
  • Reflektor : Titik caru dari kabel antena yang berfungsi sebagai pemantul sinyal.
  • Director : Bagian pengarah antena, ukurannya sedikit lebih pendek dari driven.

Nama Frekuensi Arah Pancaran Gain
Yagi 2,4 Ghz dan 5,8 Ghz Semua Arah 16 dBi

4. Antena Sectoral
antena sectoral
Pada dasarnya antena ini hampir mirip dengan antena omni yang digunakan untuk access point to serve a point-to-multi-point (P2MP) links. Dalam pemasangannya juga harus diperhatikan, seperti tingkat ketinggian agar tidak mengalami kerugian dalam penangkapan sinyal akibat sinyal ada yang hilang.

Untuk pola pancaran, antena ini harus disesuaikan dengan jangkauan dan derajat pancarannya, sedangkan dibagian belakang tidak memiliki sinyal. 

Nama Frekuensi Arah Pancaran Gain
Sectoral  - 45-180 Derajat 10-19 dBi

5. Antena Wajan Bolik
antena wajan bolik
Kenapa dinamakan wajan bolic, karena pada reflector disk biasanya dibuat menggunakan wajan. Sebenarnya antena ini sudah banyak dikenal oleh semua kalangan masyarakat, itu bisa dibuktikan dengan banyaknya tutorial pembuatan di situs video dan pada umumnya digunakan untuk client wifi hotspot.

Fungsi utamannya yaitu memperkuat sinyal hotspot yang letaknya terlalu jauh dan tidak bisa ditangkap oleh USB Wireless Adapter biasa, sehingga dibutuhkanlah antena ini. 

Nama Frekuensi Arah Pancaran Gain
Wajan Bolik 2,4 Ghz Satu Arah 3-13 dBi

6. Antena Solid Disk / Parabolik
antena parabolik
Untuk antena jenis ini hampir mirip dengan antena grid, hanya saja jangkauanya lebih fokus serta jarak jangkauannya lebih jauh dibanding grid.

Biasanya antena ini diletakan diluar ruangan atau outdor, dan digunakan untuk penerapan point to point (P2P) jarak jauh baik dari sisi pemancar atau penerima.

Nama Frekuensi Arah Pancaran Gain
Solid Disk  - Satu Arah 18-28 dBi

7. Antena Flat
antena flat
Untuk pemasangan sama dengan sectoral yaitu bisa diputar dan diarahkan kemana saja, namun untuk arah pemancarannya sama dengan antena-antena grid, wajan bolik, dan parabolik yaitu fokus ke satu arah saja. Sayangnya antena ini hanya bisa digunakan untuk jarak dekat karena frequensinya yang kecil.

Nama Frekuensi Arah Pancaran Gain
Flat  - Satu Arah  -

8. Antena Omni Slotted Moveguide
antena omni slotted moveguide
Antena Omni Slotted Moveguide bentuknya mirip dengan sectoral namun antena ini merupakan salah satu antena jenis omni, dengan polarisasi horizontal. Dengan memiliki kemampuan yang sangat bagus dan ammpu meningkatkan jangkauan yang jauh.

Nama Frekuensi Arah Pancaran Gain
Omni Slotted Moveguide 2,4 Ghz Semua Arah  -

Sekian pembahasan artikel saya mengenai Macam-Macam Antena Jaringan Beserta Fungsinya. Dan apabila ada keliruan dalam penyampaian atau mau menambahkan informasi mohon untuk komentar dibawah, karena disini saya juga dalam tahap belajar.

Belum ada Komentar untuk "Macam Macam Antena Jaringan Internet Beserta Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel