5 Cara Memperbaiki Mesin Jahit Yang Suaranya Kasar

Catat Ulasan

Cara memperbaiki mesin jahit yang suaranya kasar - Mesin jahit adalah peralatan jahit yang wajib ada di setiap rumah. Saat ini, mesin jahit telah melalui zaman evolusi, karena pada zaman kuno mesin jahit memiliki pedal yang harus diinjak agar mesin dapat bekerja.

Maka dapat digunakan untuk menjahit. Mesin-mesin yang ada di pasaran saat ini tentu sangat canggih, praktis dan sangat mudah bagi penjahit.

Tetapi kesamaan mesin jahit lama dengan mesin jahit Moderna saat ini adalah suara. Tentunya para penjahit pernah mengalami mesin jahit yang digunakan untuk mengeluarkan suara yang keras, terlalu keras untuk didengar oleh telinga dan, tentu saja, sangat mengganggu orang-orang di sekitarnya.

Dalam pembuatan pakaian, penjahit atau konvektor pastinya menemukan beberapa masalah dengan mesin jahit. Seperti melewatkan benang, jarum sering putus, benang tidak menyulam, mesin jahit mengeluarkan suara keras.

Sangat penting bagi penjahit untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki mesin jahit yang suaranya kasar. Berikut adalah penjelasan yang sudah bang ihsan rangkum dari berbagai sumber.

Penyebab Terjadinya Mesin Jahit Yang Suaranya Kasar

Cara memperbaiki mesin jahit yang suaranya kasar
Cara memperbaiki mesin jahit yang suaranya kasar

Sebelum kita mengetahui cara memperbaiki mesin jahit yang suaranya kasar, pertama-tama mari kita cari tahu alasannya penyebab suara mesin jahit kasar, yang meliputi:

  1. Mesin jahit mengeluarkan suara dan bahkan bergetar biasanya disebabkan oleh Mesin kering karena tidak ada cukup minyak pelumas di dalamnya.
  2. Selain itu, mesin jahit mengeluarkan suara keras juga disebabkan oleh sisa benang atau debu yang belum dibersihkan dengan benar dan tertinggal di mesin jahit. Bisa juga karena jarum yang digunakan pada perangkat jelek, bahkan rusak.
  3. Mesin jahit berisik juga bisa disebabkan oleh oli mesin jahit atau oli pelumas yang tidak menempel dengan baik pada batang jarum atau bisa juga karena kualitas oli atau oli pelumas yang digunakan kurang baik atau tidak sesuai dengan mesin jahit Anda.
  4. Alasan lain mungkin juga karena pemasangan mesin jahit tidak tepat, yang dapat menyebabkan mesin jahit mengeluarkan suara keras.
  5. Dan yang terakhir disebabkan oleh dinamo motor yang kotor, sehingga mesin jahit mengeluarkan suara yang keras dan bahkan keras.

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Yang Suaranya Kasar

Setelah melihat alasan mengapa mesin jahit mengeluarkan suara yang sangat keras dan keras, berikut cara memperbaikinya:

1. Pastikan Beberapa Bagian Mesin Jahit Tidak Ada Yang Longgar

Pastikan partikel atau bagian mesin jahit terhubung dengan benar dan tidak terlepas. Jika ada beberapa bagian mesin jahit yang longgar, segera kencangkan dengan obeng.

2. Membersihkan mesin jahit

Cara memperbaiki mesin jahit berisik selanjutnya adalah dengan membersihkan mesin jahitnya. Bersihkan mesin jahit telah digunakan dari sisa benang dan kotoran secara teratur. Yang perlu diperhatikan dengan cara ini adalah memastikan mesin jahit dimatikan.

Setelah itu, lepaskan sekrup di panel mesin jahit dengan obeng, geser panel atau panel geser di badan mesin jahit dan lepaskan casing sekoci, gulungan dan sekoci di dalamnya.

Biasanya bersihkan sisa benang di mesin ini dengan sikat berbulu kecil, mungkin Anda bisa menggunakan sikat seperti sikat gigi atau Anda juga bisa menggunakan pinset untuk mengambil benang kecil dan pendek. Jangan lupa untuk mengembalikan komponen mesin jahit keluar ke tempat asalnya.

3. Memberikan Pelumas Terhadap Mesin Jahit Setelah Penggunaan

Cara memperbaiki mesin jahit yang suaranya kasar yang selanjutnya adalah dengan memberikan pelumas. Lumasi mesin jahit dengan minyak pelumas yang direkomendasikan untuk jenis mesin jahit Anda. Dan lakukan secara teratur karena mencegah oksidasi dan kerusakan pada komponen mesin jahit karena gesekan.

Tetapi pastikan bahwa mesin jahit Anda mendukung tips ini, untuk mengetahuinya, mungkin Anda dapat mengetahuinya dari instruksi manual pada kotak mesin jahit ketika anda membelinya.

4. Penggantian jarum jahit

Cara agar mesin jahit suaranya halus yaitu dengan mengganti jarum jahil secara teratur. Juga secara berkala mengganti jarum mesin jahit, dan lebih baik mengganti jarum setiap tiga hari untuk menjahit secara intensif dan memastikan bahwa jarum jahit dan mesin dipasang dengan benar dan benar. Mengganti benang jahit juga harus memperhatikan bahannya, itu tidak memungkinkan Anda untuk dengan mudah menjepit jarum yang berjumbai.

5. Periksa Status Dinamo

Selalu periksa kondisi dinamo motor saat hendak digunakan, maka jika Dinamo terlihat atau terasa kotor, Dinamo harus segera dibersihkan.

Biasanya juga terjadi bahwa benang kusut di Dinamo. Cara membersihkan Dinamo Anda juga bisa menggunakan sikat berbulu kecil atau kain bersih.

Selain hal-hal di atas, kualitas mesin jahit juga dapat menentukan apakah mesin yang kita miliki akan lebih sering mengalami masalah atau tidak.

Kualitas yang buruk biasanya memiliki harga yang jauh lebih murah, maka hal ini dapat diminimalisir dengan mengetahui spesifikasi masing-masing mesin jahit yang ada di pasaran saat ini.

Penutup

Ini adalah berbagai alasan dan cara memperbaiki mesin jahit yang suaranya kasar. Pastikan untuk selalu merawat mesin jahit anda agar tidak muncul masalah pada mesin jahit Anda. Selain itu, Anda juga bisa menghemat pengeluaran anda nantinya karena mesin jahit Anda akan awet dan tahan lama.

Ihsan
Seorang penulis yang ingin membahagiakan kamu. facebook twitter youtube instagram

Related Posts

Catat Ulasan

Subscribe Our Newsletter